Selamat Datang......

Kami ucapkan trimakasih kepada sahabat-sahabat yang teleh sudi mampir di blog ini...

Minggu, 13 Juni 2010

KKG Tanjungsari Tingkatkan Profesional Guru

Kamis, 05 November 2009 Sumber:http://radarkarawang.blogspot.com/2009/11/kkg-tanjungsari-tingkatkan-profesional.html

BERDASARKAN tujuan dan sasaran profesi guru, KKG merupakan lembaga yang di anggap mampu memberikan solusi, sebagai sarana meningkatkan kualitas dan profesionalisme guru SD sesuai harapan dan tuntutan, maka KKG perlu membentuk kepengurusan.

Pemilihan kepengurusan KKG yang dilaksanakan 4 November di Kecamatan pondok salam Purwakarta berhasil menyusun pengurus KKG Gugus Tanjungsari Kec. Pondok salam Periode 2009-2014 dengan ketua Dede Supendi, S.Pd.I, Sekretaris Heri Setiawan, S.Pd dan bendahara Saepudin, S.Pd

Dede Supendi, S.Pd.I (Guru SDN 2 Sukajadi memperoleh 17 suara) secara demokratis terpilih sebagai Ketua KKG Gugus Tanjungsari Kec. Pondoksalam mengalahkan lima saingannya yaitu Heri Setiawan, S.Pd (SDN 1 Tanjungsari memperoleh 14 suara), Saepudin, S.Pd (SDN 2 Tanjungsari memperoleh 8 suara), Endi (SDN 3 Tanjungsari tidak mendapat suara), dan Endang Hidayat (SDN 1 Sukajadi memperoleh 1 suara) dari total pemilih 41 suara sedangkan saru suara abstain. pemilihan berlangsung pada hari rabu 4 november 2009 di SDN 1 Tanjungsari kec. pondoksalam dari jam 08.00 s/d 13.30 WIB.

Kepada koran ini Dede mengatakan, di bentuknya kepengurusan KKG bukan semata-mata mencari siapa yang terhebat, kegiatan ini sudah sesuai dengan tujuan kelompok kerja seluruh guru dalam satu gugus, pada tahap pelaksanaannya dapat dibagi ke dalam kelompok kerja guru yang lebih kecil, yaitu kelompok kerja guru berdasarkan jenjang kelas, dan kelompok kerja guru berdasarkan atas mata pelajaran.

"KKG memiliki 4 tujuan tujuan, diantaranya (1) memfasilitasi kegiatan yang dilakukan di pusat kegiatan guru berdasarkan masalah dan kesulitan yang dihadapi guru, (2) memberikan bantuan profesional kepada para guru kelas dan mata pelajaran di sekolah, (3) meningkatkan pemahaman, keilmuan, keterampilan serta pengembangan sikap profesional berdasarkan kekeluargaan dan saling mengisi (sharing), (4) meningkatkan pengelolaan proses pembelajaran yang aktif, kreatif, dan menyenangkan (Pakem)," ujar Dede Pria yang konsen terhadap pendidikan di Kabupaten Purwakarta ini berharap melalui KKG dapat dikembangkan beberapa kemampuan dan keterampilan mengajar.

"Guru merupakan pihak yang sangat berperan terhadap kemajuan bangsa, keterampilan mengajar guru sangat memengaruhi terhadap kualitas pembelajaran di antaranya; keterampilan bertanya, keterampilan memberi penguatan, keterampilan mengadakan variasi, keterampilan menjelaskan, keterampilan membuka dan menutup pelajaran, keterampilan memimpin diskusi kelompok kecil dan perorangan," Ujar pengurus Dewan Pendidikan Kabupaten Purwakarta sekaligus ketua Dewan Pimpinan Cabang Federasi Guru Independen Indonesia (DPC FGII) Purwakarta. (sep)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar