Selamat Datang......

Kami ucapkan trimakasih kepada sahabat-sahabat yang teleh sudi mampir di blog ini...

Minggu, 13 Juni 2010

FGII Minta Kinerja Guru Ditingkatkan

Selasa, 17 November 2009 - 10:15 WIB sumber: http://www.poskota.co.id/berita-terkini/2009/11/17/fgii-minta-kinerja-guru-ditingkatkan

PURWAKARTA (Pos Kota) – Federasi Guru Independen Indonesia (FGII) Kab Purwakarta menuntut kinerja guru lebih ditingkatkan. Pasalnya, kebijakan pemerintah pusat yang akan memberikan tunjangan satu kali gaji pokok bagi guru yang telah mengikuti sertifikasi harus direspon dengan cerdas.

“Adanya program itu, guru harus merespon dan menangkap kebijakan ini secara cerdas dengan mendongkrak kualitas diri. Yaitu melalui peningkatan kompetensi sosial, keperibadian dan profesional,” ujar Ketua FGII Kab Purwakarta, Dede Supendi, Selasa (17/11) pagi.

Diakuinya, untuk menuju guru yang sesuai keinginan, perlu juga ditunjang dengan hal lainnya. Pasalnya, sertifikasi bukan merupakan barometer yang harus dijadikan acuan.

“Sertifikasi guru bukan tujuan, melainkan sarana untuk mencapai suatu tujuan, yakni keberadaan guru berkualitas. Tujuan utama bukan untuk mendapatkan tunjangan profesi, melainkan untuk dapat menunjukkan bahwa guru telah memiliki kompetensi sebagaimana disyaratkan dalam standar kemampuan guru,”terangnya.

Dede menambahkan, kompetensi tersebut sesuai dengan amanat UU nomor 14 tahun 2005 tentang guru dan dosen. Dimana kompetensi guru adalah kecakapan untuk menunjukan daya kinerja yang berkembang melalui proses belajar dan melaksanakan tugas dalam memfasilitasi berkembangnya potensi siswa melalui rekayasa suasana belajar dan proses pembelajaran yang dapat memenuhi kebutuhan siswa belajar.

“Kompetensi guru dikembangkan dalam ruang lingkup yang variatif meliputi 4 cakupan wilayah utama yaitu pada lingkungan sosial, kelembagaan, kelompok pendidik dan individu, serta pada lingkungan kelas,” pungkasnya. (dadan/sir)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar